Program SIK-ASIK-SIP Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Manajemen PGRI - PGRI Sumatera Barat

Program SIK-ASIK-SIP Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Manajemen PGRI

Share This

 


 Dalam upaya meningkatkan kualitas pengelolaan manajemen Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang lebih efektif, Efisien, dan produktif dalam tatakelola manajemen keanggotaan, menajemen keuangan, dan tata kelola kepengurusan organisasi.

Pengurus PGRI Provinsi Sumatera Barat melaksanakan kegiatan pelatihan terkait Sistem Informasi Keanggotaan (SIK), Aplikasi Sistem Informasi Keuangan (ASIK), dan Sistem Informasi Pengurus (SIP). Terintergrasi PGRI Provinsi Sumatera Barat yang diadakan di Kampus Universitas PGRI Sumatera Barat, Sabtu 8 Oktober 2022. dengan narasumber Hastoro Nurcahyono, S.Si  dari PB PGRI dan Darmawi, M.Pd dari PGRI Kabupaten Pesisir Selatan.

 


Sistem Informasi Keanggotaan PGRI (SIK PGRI) merupakan aplikasi pengelolaan informasi keanggotaan PGRI berbasis web yang dapat diakses oleh anggota maupun pengurus di semua tingkatan organisasi. Selain SIK, dikembangkan pula Aplikasi Sistem Informasi Keanggotaan PGRI (ASIK PGRI) yang merupakan aplikasi pengelolaan informasi keuangan PGRI berbasis web dan dapat diakses oleh pengurus PGRI. Kemudian, Sistem Informasi Pengurus PGRI (SIP PGRI) merupakan aplikasi pengelolaan informasi pengurus PGRI berbasis web yang dapat diakses oleh pengurus PGRI.


Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Ketua PGRI Provinsi Sumatera Barat Drs. Darmalis, M.Pd yang dikuti peserta dari 19 Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Barat. Dalam sambutannya darmalis  mengharapkan hasil kegiatan pelatihan SIK-ASIK-SIP terintegrasi agar dapat mewujudkan Visi PGRI, yaitu terwujudnya PGRI sebagai organisasi profesi tepercaya, dinamis, kuat, dan bermartabat, Pelatihan ini bertujuan untuk melatih operator dari aplikasi SIK (Sistem Informasi Keanggotaan) yang sudah di-upgrade atau diperbarui dalam penggunaan aplikasinya yang fungsinya antara lain untuk memanajemen anggota PGRI seperti mendata pendaftar baru, memperbarui data anggota, melihat statistik jumlah guru di daerahnya masing-masing, seperti jumlah guru pria dan wanita, status kepegawaian guru, umur guru-guru, mengekspor data guru-guru ke dalam bentuk xls, dan fungsi lain sebagainya sehingga membantu untuk menunjang keputusan bagi pengurus PGRI di tiap daerah.

Semoga dengan adanya pelatihan penggunaan aplikasi SIK-ASIK-SIP dapat meningkatkan tata kelola organisasi khususnya di PGRI Provinsi Sumatera Barat dapat diaplikasikan hingga tingkat cabang dan ranting.





Pages