KONKERPROV PGRI SUMBAR 2023: Perjuangkan Pengangkatan Guru Honorer - PGRI Sumatera Barat

KONKERPROV PGRI SUMBAR 2023: Perjuangkan Pengangkatan Guru Honorer

Share This

 


Sebanyak 221 guru-guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) se-Sumatera Barat melakukan konferensi kerja (Konkerprov) Tahun 2023 di Hotel Truntum, Padang, Sabtu - Minggu (24-25/6).



Kegiatan Konkerprov PGRI Provinsi Sumbar Masa Bakti XXII ini dihadiri Gubenur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, Bendahara PB PGRI Basyarudin Thayib,Wasekjen PB PGRI Dr.Jejen Musfah Ketua BPH UPGRISBA dan SMA PGRI 1 Padang Dr. H. Dasrizal MP dan Rektor UPGRISBA Prof. Dr. Ansofino

Ketua PGRI Sumbar Darmalis saat diwawancarai usai kegiatan menyampaikan, fokus utama dalam konferensi ini adalah persoalan pengangkatan guru honorer menjadi ASN atau P3K. Sebab, guru honorer sudah belasan hingga puluhan tahun mengajar namun tak bisa diangkat menjadi ASN atau P3K.



“Permasalahan guru honorer ini menjadi hal yang ingin diperjuangkan. Apalagi disebagian daerah keberadaan guru honorer ini penting. Pasalnya di daerah tersebut kekurangan guru ASN. Makanya kita ingin mencarikan solusi terkait guru honorer secara umum,” tegas

Ketua PGRI Sumbar Darmalis. Tak hanya itu, dalam konferensi itu juga mengajak para guru untuk terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan. Dengan begitu diyakini akan berdampak baik pada peningkatan mutu pendidikan.

“Kita meminta guru ini menjadi inspirasi bagi siswa. Dengan pegetahuan yang baik guru akan menjadi suri tauladan. Makanya kita terus berupaya bagaimana peningkatan kualitas guru terus terlaksana,” katanya.

Lebih lanjut Darmalis menyebutkan terkait guru muatan lokal yang terus menjadi perhatian dalam pendidikan. Tentunya keberadaan guru muatan lokal ini juga penting untuk diangkat. “Buka kuota pengangkatan guru muatan lokal ini. Pendidikan kita di Sumbar khususnya membutuhkan itu,” ujarnya.

Darmalis juga mengajak para guru di Sumbar untuk berhimpun dalam organisasi PGRI. Dengan adanya dukungan oranisasi, dirinya meyakini PGRI bisa membangun kebersamaan pada guru. Bendahara PB PGRI Basyarudin Thayib menyampaikan PGRI secara nasional diyakini telah berkontribusi dalam mencapai target pendidikan nasional. Peningkatan wawasan guru wajib dilakukan agar profesi guru ini tetap berwibawa.

Ketua Panitia Konkerprov Dra. Ernella M.Pd menambahkan, kegiatan ini adalah ajang untuk melihat permasalahan-permasalahan yang dihadapi guru di daerah, untuk kemudian dicari solusinya. Dalam konkerprov ini juga dibahas tentang perlindungan hukum dan kompetensi mengajar dan pendidikan guru. “Peserta kita ada sebanyak 221 orang, dari 19 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumbar,” ulas Ernella.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengajak guru terus menambah ilmunya. Apalagi pendidikan juga terus berkembang dan semakin maju. Untuk itu guru jangan sampai ketertinggalan pengetahuan.

Salah satunya dengan melanjutkan jenjang pendidikan.“Kalau bisa raih gelar profesor. Kita dorong guru muda untuk melanjutkan pendidikan. Saya ingin melihat banyak anak-anak muda baik guru atau dosen yang profesor. Jangan sampai menunggu tua baru bisa raih profesor,” ucapnya.

Sumber: Harian Haluan

































Pages